1)
INDUSTRI PROMOSI DI TRANSISI
Pilihan interaktif media, struktur lembaga, tuntutan klien untuk hasil segera, dan teknik kreatif adalah beberapa aspek dari industri mengalami perubahan yang signifikan. Isu sentral dalam cerita Leo Burnett menyoroti dua aspek kunci dari perubahan yang terjadi dalam struktur industri promosi yaitu Pertama, pemasar percaya bahwa untuk mempertahankan kepemimpinan merek di pasar yang sangat kompetitif ditandai dengan pelanggan tidak sabar menerima promosi baru dan memiliki kreatifitas. Kedua, pabrik tradisional seperti biro iklan digantikan dengan lembaga promosi baru, lebih mudah beradaptasi, dan responsi. Struktur industri promosi saat ini sedang diubah oleh enam tren penting, yakni sebagai berikut:
1.
Informasi di pasar
adalah Sistem Interaktif antara Pemasar dan Konsumen
Karena pemasar telah dikendalikan informasi dan aliran
informasi itu adalah salah satu cara berkomunikasi. Pada masa sekarang, pelanggan berada dalam kontrol yang lebih besar dari informasi tentang produk dan layanan dan tidak hanya menerima informasi tetapi juga
memberikan informasi kepada perusahaan.
2.
Proliferasi televisi kabel dan teknologi pemasaran langsung, dan media baru
alternatif, telah menyebabkan media yang fragmentasi.
Media fragmentasi telah melahirkan badan-badan khusus
baru untuk menjual dan mengelola pilihan media
3.
Investasi tumbuh di iklan dari iklan televisi untuk billboard untuk iklan
banner di internet, telah menghasilkan begitu banyak kekacauan yang mungkin
dari salah satu iklan menembus dan membuat perbedaan nyata terus berkurang.
Dengan kurangnya iman dalam iklan saja, pilihan promosi
seperti komunikasi online penempatan merek dalam film dan televisi, titik pembelian
(POP) menampilkan dan sponsorship yang lebih menarik bagi pemasar
4.
Saluran komunikasi / distribusi baru, termasuk katalog, jaringan belanja televisi,
belanja online dan klub harga yang tumbuh di pengaruh.
Pelanggan tidak hanya ingin pengalaman komunikasi, mereka
menginginkan
"pengalaman perdagangan”
5.
Fragmentasi anggaran pemasaran dalam perusahaan telah terjadi, dengan
proporsi yang lebih besar dari anggaran tersebut akan perdagangan dan promosi
penjualan konsumen.
6.
Sistem
informasi yang ditingkatkan yang memungkinkan pengecer dan distributor untuk
melakukan kontrol lebih besar atas berbagai jenis pemasaran dan keputusan
promosi.
2)
STRUKTUR
INDUSTRI PROMOSI
PEMASAR
Berbagai organisasi
berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari efek promosi. Kategori berikut menggambarkan berbagai jenis pemasar dan promos,
yaitu:
- Produsen dan Perusahaan Jasa
Produsen nasional besar produk dan layanan pelanggan
adalah pengguna yang paling menonjol dari promosi. Para
perusahaan menggunakan promosi, khususnya media massa
iklan dan perdagangan promosi untuk menciptakan kesadaran dan preferensi untuk
merek mereka.
- Perdagangan Reseller
Reseller perdagangan hanyalah sebuah gambaran untuk semua
organisasi dalam saluran pemasaran distribusi yang membeli produk untuk dijual kembali kepada
pelanggan. Reseller ini berurusan dengan kedua pelanggan rumah tangga dan
pembeli bisnis di semua tingkat pasar geografis.
Pengecer yang menjual di pasar nasional atau global
pengiklan reseller yang paling terlihat.
- Federal, Negara dan Pemerintah Daerah
Badan pemerintah berinvestasi jutaan
dolar dalam iklan setiap tahunnya. Pengeluaran pemerintah federal pada promosi terkonsentrasi di dua daerah: angkatan bersenjata merekrut dan isu-isu sosial.Setiap
tahun, puluhan publikasi pemerintah dikirim ke jutaan
bisnis dan individu
untuk mengingatkan mereka
untuk program-program pemerintah atau
peraturan dan perubahan hukum pajak.
- Organisasi sosial
Promosi yang digunakan oleh organisasi-organisasi sosial
memiliki tujuan yang sama untuk merangsang permintaan dan menyebarkan
informasi. Sementara perusahaan multinasional besar
menggunakan iklan global. Beberapa pemasar hanya memiliki keahlian atau sumber daya
di rumah
untuk rencana strategis dan mempersiapkan promosi yang efektif.
3) LEMBAGA
Pemasar beruntung memiliki lembaga yang
mengkhususkan diri dalam harfiah setiap detail dari setiap alat promosi. Mari
kita lebih mengetahui jenis lembaga
pemasar mengandalkan untuk membantu menciptakan komunikasi promosi mereka. Diantara adalah:
- Agen Periklanan
Sebuah biro iklan adalah organisasi profesional yang
menyediakan layanan kreatif dan bisnis untuk klien dalam perencanaan,
penyusunan, dan menempatkan iklan. Perusahaan bergantung pada biro iklan adalah bahwa perusahaan dapat
menawarkan profesional dengan bakat yang sangat khusus dan berpengalaman.Jenis jenis kegiatan
promosi lainnya termasuk:
• Perencana dan Pengawasan Akun
• Direktur Art dan Arah Kreatif
• Copywriter dan Artis
• Radio dan Televisi Produsen
• Teknis Staf-Cetak, Editing Film dan Spesialis Pemasaran
• Pembeli Media dan Peneliti dan Spesialis Public Relations
• Promosi dan Acara Penjualan Perencana
• Spesialis Langsung Pemasaran
• Pengembang Web dan Interaktif Perencana Media
- Lembaga Layanan Penuh
Sebuah lembaga
layanan penuh biasanya mencakup berbagai profesional periklanan untuk memenuhi
semua kebutuhan promosi klien. Seringkali, lembaga tersebut menawarkan klien
kontak global. Lembaga layanan penuh belum tentu organisasi yang mempekerjakan
ratusan besar atau bahkan ribuan orang.
- Butik Kreatif
Sebuah butik
kreatif biasanya menekankan pengembangan kreatif konsep, copywriting, dan
layanan artistik untuk klien. Seorang pemasar dapat menggunakan alternatif ini
untuk tujuan ketat menanamkan kreativitas yang lebih besar ke dalam tema pesan
iklan individu. Butik kreatif ini "pabrik ide”.
- Badan Interaktif
Era media baru
telah menciptakan-lembaga lembaga interaktif bentuk baru. Semacam ini lembaga
pemasar mempersiapkan, komunikasi media baru. Lembaga
interaktif sejauh ini telah difokuskan pada iklan banner dan pengembangan situs
web.
- Lembaga di Rumah
Sebuah lembaga
di rumah bertanggung jawab untuk perencanaan dan persiapan materi iklan. Ada dua keterbatasan parah. Pertama, mungkin ada kurangnya
objektivitas sehingga menghambat pelaksanaan semua tahapan proses periklanan.
Kedua, sangat tidak mungkin bahwa di lembaga rumah bisa menyamai luas dan
kedalaman keahlian yang tersedia di lembaga eksternal.
- Layanan Pembelian Media
Sebuah layanan
pembelian media adalah sebuah organisasi yang mengkhususkan diri dalam membeli
waktu dan ruang media sebagai layanan untuk biro iklan dan pemasar. Keuntungan dari pembelian media karena membeli media dalam jumlah besar, sering
memperoleh waktu media dengan biaya yang jauh lebih rendah dari agen atau pengiklan
dan layanan pembelian media sering
memperoleh ruang dan waktu dalam "persediaan" dan menawarkan menit
terakhir penempatan bagi pengiklan.
- Agen Promosi
Sementara
pemasar sering mengandalkan pada biro iklan sebagai organisasi kemudi untuk promosi
terutama berlaku di mana media baru yang menawarkan
begitu banyak cara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan target pasar.
- Pemasaran dan Basis Data Lembaga Direct.
Mengelola database besar mailing list sebagai salah satu layanan mereka.Banyak
lembaga ini didirikan untuk menyediakan layanan kreatif dan produksi untuk
klien. Perusahaan-perusahaan ini akan merancang dan membantu melaksanakan
kampanye menggunakan media tradisional, mereka mempersiapkan infomersial 4-60 menit program "informasi" yang mempromosikan merek dan
menawarkan pembelian langsung untuk klien mereka.
- Agen E-Commerce
Lembaga
e-commerce menangani berbagai perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang
berkaitan dengan promosi menggunakan perdagangan elektronik. Mereka membantu
perusahaan melakukan segala bentuk promosi melalui media elektronik terutama
internet. Cara untuk melihat lembaga e-commerce adalah memahami bahwa mereka dapat memberikan semua
bentuk promosi menggunakan teknologi media baru biasanya mengkhususkan diri
dalam solusi internet.
- Lembaga Promosi Penjualan
Perdagangan promosi penjualan
dirancang untuk membantu pemasar menggunakan promosi
untuk penjualan, pengecer,
dan vendor. Badan ini sering bekerja sama dengan
lembaga-lembaga pemasaran langsung
dalam penyusunan bahan untuk memastikan koordinasi dan waktu promosi dan membantu perusahaan mengembangkan
katalog dan lembaga pemasaran langsung.
- Badan Perencanaan Acara
Sponsorship acara juga
dapat ditargetkan ke konsumen rumah tangga atau pasar perdagangan. Badan perencanaan acara dan penyelenggara ahli dalam mencari lokasi,
mengamankan tanggal, dan membentuk sebuah tim orang untuk membuat acara promosi orang audiovisual,
katering, pakar keamanan, penghibur, peserta, atau
siapa pun yang diperlukan untuk membuat
acara terjadi.
- Perusahaan Desain
Desainer dan
spesialis grafis tidak mendapatkan kredit hampir cukup dalam proses promosi. Desainer membantu perusahaan membuat logo, tanda grafis yang
mengidentifikasi perusahaan dan representasi visual lainnya yang mempromosikan
identitas perusahaan. Tanda ini akan muncul pada segala sesuatu dari iklan
untuk kemasan ke alat perusahaan, kartu nama, dan signage.
- Perusahaan PR
Perusahaan PR
mengelola hubungan organisasi dengan media, masyarakat setempat, pesaing,
asosiasi industri, dan organisasi pemerintah.Kebanyakan pemasar tidak suka
menangani tugas-tugas PR mereka sendiri untuk dua alasan. Pertama, humas
membutuhkan keterampilan yang sangat khusus dan bakat tidak biasanya ditemukan
di perusahaan. Kedua, manajer terlalu dekat dengan masalah hubungan masyarakat
dan mungkin tidak mampu menangani situasi yang sangat negatif satu dengan yang
diukur tanggapan public relations.
- Penjualan Staf, Pelatihan dan Penilaian Perusahaan.
Ada berbagai
macam perusahaan yang tersedia untuk pemasar untuk staf, pengembangan,
pelatihan, dan evaluasi tenaga penjualan. Pemasar dapat menemukan agen untuk
membantu dengan semua tahap penjualan dan penjualan proses manajemen tenaga
pribadi.
- Badan Layanan
Iklan dan promosi menawarkan berbagai layanan. Pemasar
mungkin perlu, global, biro iklan layanan penuh besar untuk merencanakan,
mempersiapkan, dan melaksanakan strategi promosi. Jenis layanan umum yang
ditawarkan oleh iklan dan promosi lembaga termasuk berikut:
a)
Akun
Layanan
Account
layanan termasuk manajer yang bekerja dengan klien untuk menentukan bagaimana merek
bisa mendapatkan keuntungan besar dari promosi. Dalam beberapa kasus, layanan
akun di agen dapat memberikan pemasaran dan perilaku konsumen penelitian dasar,
tapi klien harus benar-benar membawa informasi ini ke meja.
b)
Riset
Pemasaran Jasa
Penelitian
yang dilakukan oleh agen untuk klien biasanya terdiri dari lembaga menemukan
studi atau tujuan promosi. Kelompok riset akan membantu klien menafsirkan
penelitian dan berkomunikasi interpretasi kepada orang-orang kreatif dan media. Perencana account
individu ditugaskan untuk klien pada tingkat yang sama dengan account executive
c)
Layanan
Kreatif dan Produksi
Kelompok
kreatif dalam agen biasanya akan mencakup direktur kreatif, art director,
ilustrator atau desainer dan copywriter. Lembaga itu adalah promosi perencana acara, para ahli kontes, dan spesialis
media interaktif akan bergabung dengan kelompok inti. Jasa produksi meliputi
produsen yang mengambil ide-ide kreatif dan mengubahnya menjadi iklan, potongan
surat langsung, atau peristiwa.
d)
Perencanaan
Media dan Jasa Membeli
Menangani tugas penempatan dalam upaya promosi. Perencana media
dan pembeli memeriksa sejumlah besar pilihan untuk menempatkan bersama-sama
efektif rencana media dalam anggaran klien. Tapi perencanaan media dan membeli
jauh lebih dari sekedar membeli ruang iklan, waktu distribusi kupon atau
penjadwalan acara.
e)
Layanan
Administrasi
Agen memiliki
departemen personalia, departemen akuntansi dan penagihan, dan staf penjualan
yang pergi keluar dan menjual klien lembaga. Manajer lalu lintas pastikan
kelompok kreatif dan layanan media dikoordinasikan sehingga tenggat waktu untuk
mendapatkan bahan promosi untuk printer dan organisasi media terpenuhi.
- Badan Kompensasi
Cara lembaga dibayar
agak berbeda dari cara organisasi profesi lain kompensasi. Lembaga promosi
sesekali bekerja berdasarkan
komisi, tetapi lebih sering pada
kontrak basis.
- Komisi
Metode
tradisional kompensasi badan adalah sistem komisi. Dengan metode ini, 15% dari
jumlah total ditagih oleh organisasi media ritel oleh iklan atau promosi
lembaga sebagai kompensasi atas semua biaya dalam menciptakan iklan/promosi
untuk pemasar.
- Perubahan Markup
Metode lain
kompensasi agen adalah menambahkan perubahan persentase markup untuk berbagai
layanan pembelian agen dari pemasok luar. Perubahan Alasan markup menjadi lazim
di industri ini adalah bahwa banyak lembaga promosi yang menyediakan layanan
yang tidak menggunakan media tradisional.
- Biaya Sistem
Sebuah sistem
di mana pemasar dan lembaga setuju pada tarif per jam untuk layanan yang
berbeda yang disediakan. Versi lain dari adalah biaya tetap, atau kontrak,
ditetapkan untuk proyek antara klien dan lembaga. Ini penting bahwa lembaga dan
pemasar menyepakati tepatnya layanan apa yang akan disediakan dan atas apa yang
ditentukan periode waktu.
- Bayar untuk Hasil
Banyak pemasar dan lembaga sama-sama telah bekerja pada program
kompensasi disebut membayar untuk hasil, yang mendasarkan biaya badan pada
pencapaian disepakati hasil. Ini membayar lebih baru untuk rencana hasil
kompensasi mengikat iklan atau promosi lembaga kompensasi kepada pra disepakati
pencapaian tujuan tertentu. Sebuah lembaga mungkin setuju untuk kompensasi
berdasarkan pencapaian tingkat penjualan.
4) Fasilitator
Eksternal
Fasilitator
eksternal organisasi atau individu yang menyediakan layanan khusus untuk
pemasar dan lembaga. Yang paling penting dari ini dibahas dalam bagian berikut.
- Pemasaran dan Periklanan Perusahaan Penelitian
Banyak
perusahaan mengandalkan bantuan dari luar selama fase perencanaan iklan.
Pemasar dan lembaga mereka juga mencari ukuran efektivitas program promosi
setelah kampanye telah berjalan. Beberapa perusahaan mengkhususkan diri dalam
pengujian pesan ke determinate apakah konsumen menemukan pesan iklan menarik
dan mudah dipahami.
- Konsultan
Berbagai
konsultan spesialis di bidang yang terkait dengan proses promosi.
Konsultan dalam perencanaan acara dan sponsorship sering
untuk pemasar dan lembaga. Dua jenis berita konsultan telah muncul dalam
beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah seorang konsultan database yang
bekerja dengan baik lembaga pemasar.Konsultan memiliki keterampilan kreatif untuk
mengembangkan website dan keterampilan teknis untuk memberikan saran pemasar
pada pengelolaan aspek teknis dari user interface.
- Fasilitator Produksi
Fasilitator
produksi eksternal menawarkan layanan penting baik selama dan setelah proses
produksi. produksi adalah daerah di mana pemasar dan lembaga mereka
mengandalkan paling berat pada fasilitator eksternal. Rumah produksi dapat memberikan
fasilitas fisik, termasuk set, tahapan, peralatan, dan kru yang dibutuhkan
untuk siaran.
- Informasi Perantara
Bentuk
fasilitator eksternal telah muncul sebagai hasil dari teknologi baru dan
keinginan pada bagian dari pemasar untuk menargetkan audiens yang lebih tepat.
Perusahaan-perusahaan akan mengumpulkan dan mengatur informasi dari sejarah
transaksi konsumen di berbagai perusahaan yang berbeda menjual barang dan jasa.
Berbagai perusahaan telah muncul sebagai perantara informasi khusus untuk internet..
5) Organisasi
Media
dan Mitra
Dagang
Media yang
tersedia untuk menempatkan iklan yang dikenal kebanyakan dari kita hanya karena kita
terkena mereka sehari-hari. Internet telah menciptakan organisasi media di mana
pemasar dapat mengarahkan dan mendistribusikan pesan iklan dan promosi mereka.
- Organisasi
Pemasar dan
lembaga beralih ke organisasi media yang memiliki dan mengelola akses media
untuk pelanggan. Catatan masuknya "konglomerat media" dalam daftar
ini
sering disebut sebagai
"keluar dari rumah" media, organisasi pendukung media ini termasuk
perusahaan angkutan, organisasi billboard, perusahaan direktori, dan olahraga
dan arena kinerja untuk sponsor, menampilkan bahan, dan barang-barang premium.
- Mitra Dagang
Para mitra
dagang tradisional termasuk grosir, distributor, dan pengecer yang membantu
melaksanakan promosi untuk merek melalui personal selling dan promosi di toko
seperti sampling, kupon rak, dan di toko display.
- Para penonton
Struktur
industri promosi dan arus komunikasi jelas tidak akan lengkap tanpa
penonton-penonton tidak, tidak ada komunikasi. Satu hal yang menarik tentang
penonton untuk komunikasi promosi dengan pengecualian konsumen rumah tangga
adalah bahwa mereka juga pemasar yang menggunakan komunikasi promosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar