Selasa, 16 Juni 2015

ICT dan Cyber Communications tentang sebuah Blog


1.      Review serta alamat blog dan mendeskripsikan secara singkat mengenai blog tesebut.

Ø  Alamat Blog : http://kivitz.blogspot.com/

Ø  Deskripsi tentang blog tersebut adalah :
Blog Kivitz.blogspot.com didirikan pada tanggal 10 Oktober 2010.  Kivitz yang bermula adalah blog hijab biasa, kini berkembang menjadi brand fashion muslimah Indonesia.
Fashion muslimah sudah menjadi bentuk kreativitas dalam mengekspresikan diri, dan sesungguhnya tidak ada halangan bagi muslimah untuk mengekspresikan diri mereka dalam fashion. Namun begitu,  kita harus mematuhi peraturan yang sudah Allah Swt. tentukan dalam berbusana, seperti hijab harus menutupi dada, menutup kaki, tidak ketat, tidak transparan dan tidak menyerupai lelaki.  Inilah yang menjadi tujuan Kivitz, untuk selalu memberi inspirasi dan manfaat kepada semua muslimah untuk mengekspresikan gaya hijab mereka tetap syar'i namun stylish. 
Dalam blog ini pemilik blog akan membagi opini dan gaya fashion hijab yang sesuai motto Kivitz yaitu 'Syar'i & Stylish'. Pemilik blog akan mencoba memberikan segala referensi kepada setiap muslimah Indonesia yang menyukai fashion.

Terdapat artikel tentang beberapa busana Kivitz yang biasa pemilik blog pakai, bagaimana memakainya, dan di mana bisa membelinya. Dengan blog ini, pemilik blog juga berharap untuk mengeksplorasi dunia fashion hijab secara internasional, termasuk para designer dan trend.  

2.      Capture postingan dan menjelaskan tentang:

v  9 elemen Digital Citinizenship yang ada di dalamnya:

1.      Digital Access

Description: C:\Users\Balqis Kusuma\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\Screenshot_2015-04-20-11-11-32.png

Harus sadar bahwa ada orang yang tidak mempunyai device yang sama. Seperti contoh dalam capture-an ini ditampilkan bahwa bentuk tampilan blog dalam PC dan handphone berbeda. Dalam capture-an ini, Home dalam PC dan handphone bentuk tampilannya berbeda.
2.      Digital Commerce
Digital Commerce dalam blog ini menampilkan foto-foto yang di unggah oleh pemilik blog seperti model yang memakai produk Kivitz, dan di blog ini foto-foto tersebut akan menjadi hak copyright.
Cara pembelian barang pada blog ini juga jelas dan kredibel karena memberitahu prosedur pembayaran dengan rinci agar tidak terjadi kesalahpahaman di pihak calon pembeli.

3.      Digital Communication

Description: E:\3.png
Komunikasi dilakukan dengan cara tidak langsung. Yaitu penggunaan emoticon “J” dalam kolom testimonial menjadi tanda baca agar mudah dipahami sebagai perasaan senang karena barang-barang yang ada dalam blog tersebut.

4.      Digital Literacy


5.      Digital Eique
6.      Digital Law
7.      Digital Right and Responsibility
8.      Digital Health and Wellnes
9.      Digital Security

v  Reprsentasi identitas yang ingin ditunjukkan oleh penulis blog

Description: E:\1.png
Penulis ingin membagi opini dan gaya fashion hijabnya sesuai motto KIVITZ yaitu 'Syar'i & Stylish'. Penulis akan coba memberikan segala referensi kepada setiap muslimah Indonesia yang menyukai fashion. Terdapat artikel tentang beberapa busana KIVITZ yang biasa spenulis pakai, bagaimana memakainya, dan di mana bisa membelinya. Dengan blog ini, penulis juga berharap untuk mengeksplorasi dunia fashion hijab secara internasional, termasuk para designer dan trend.  

v  Pembentukan Virtual Identity oleh Penulis Blog

1.      What

Yaitu identitas maya yang merepresentasikan diri, sifat, dan kegemaran melalui elemen dari akun virtual yang digunakan. Pada capture-an diatas, pemilik blog menuliskan identitas lengkapnya.

2.      Who
Virtual identity yang digunakan oleh  seseorang berdasarkan akun yang dipakai. Dalam capure-an ini, penulis menuliskan identitasnya dalam akun blog miliknya.


3.      Why


Virtual identity bertujuan untuk membangun kepercayaan dengan orang-orang dan membuktikan konsistensi anda terhadap sesuatu. Seperti dalam capture-an ini penulis blog ingin membangun bahwa hijab pada saat ini sudah trendy dengan memadu padankan warna dan tetap syar’I yaitu menutup dada, tidak ketat dan tetap elegan.

4.      Where
            Dalam capture-an diatas dapat dilihat bahwa blog ini melayani konsumen dalam dan luar negeri karena ia mencantumkan cara agar dapat dipesan dalam negeri dan luar negeri sesuai format yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar